Fieldtrip ke Pemadam Kebakaran Semper Jakarta Utara

Di antara tema kegiatan pembelajaran di RA (TK) adalah tentang udara, air, dan api. Hal ini tentunya terkait dengan profesi yang cukup menarik, yaitu pemadam kebakaran. Karenanya, pada hari Selasa tanggal 5 Maret 2019, siswa RA Al-Ikhwan mengadakan kunjungan langsung ke kantor Pemadam Kebakaran Jakarta Utara.


Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak karena mereka dapat mengobservasi, mengenal, dan belajar secara langsung kepada para petugas yang mengalami profesi ini. Di sana, para siswa memahami apa saja tugas-tugas para petugas pemadam kebakaran.

Adapun kegiatan yang dilakukan anak anak di kantor pemadam kebakaran adalah:
  1. Perkenalan dengan bapak-bapak petugas pemadam kebakaran.
  2. Mendengarkan berbagai penjelasan yang diberikan oleh komandan pemadam kebakaran mengenai apa saja tugas dinas pemadam kebakaran. Selain memadamkan kebakaran yang terjadi di lingkungan terkait, petugas juga menanggulangi bencana alam, misalnya bencana banjir, gempa bumi, dan sebagainya.
  3. Mengetahui tentang beragam peralatan yang digunakan oleh petugas pemadam kebakaran.
  4. Mendapatkan edukasi mengenai apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya bahaya kebakaran, serta tindakan yang harus dilakukan jika terjadi bencana dan kebakaran.
Setelah mendengarkan beragam penjelasan di dalam ruangan, anak-anak berkesempatan berkeliling menaiki mobil pemadam kebakaran (fire engine). Terakhir, sebelum pulang anak anak diajak mengenal langsung alat pemadam kebakaran. Wah serunya, anak-anak terlihat sangat antusias.

Selang besar dan pompa air yang bervolume besar. Dengan meggunakan pakaian khas petugas, anak anak merasakan disemprot selang besar yang semburan airnya seperti hujan deras. Acara kunjungan diakhiri kehebohan berganti pakaian yang sebagian besar basah kuyup dan lelah, setelah berlarian di bawah semprotan selang pemadam kebakaran.

Manfaat Edukatif Kunjungan Ke Pemadam Kebakaran;
  1. Mengenal profesi secara mendalam
    Saat kita mengajak anak berkunjung ke kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar mengenal profesi pemadam kebakaran secara mendalam dan melihat seperti apa dan bagaimana petugas pemadam kebakaran melakukan tugasnya secara langsung dan nyata, tidak hanya melalui gambar.
  2. Memanfaatkan lebih banyak panca indera saat belajar.
    Saat mengunjungi kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar dengan memanfaatkan panca indera mereka. Mereka melihat, membau, meraba, dan mendengar segala sesuatu tentang pemadam kebakaran.
  3. Melihat obyek nyata
    Mengunjungi pemadam  kebakaran,  anak-anak akan melihat secara nyata siapa itu pemadam kebakaran, alat apa saja yang digunakan, bagaimana bentuk kendaraannya, dan aneka benda atau obyek lainnya secara nyata.
  4. Belajar dengan cara mengalami
    Saat mengunjungi kantor pemadam kebakaran, anak-anak diajak untuk belajar cara-cara memadamkan api dengan cara sederhanah misalnya cara menyiramkan air ke api dengan selang, cara memadamkan api dengan kain basah, dan lainnya. Pembelajaran seperti ini tentu sangat penting dipahami oleh anak, mengingat bahaya bisa terjadi kapan saja dan di mana saja.
  5. Anak-anak belajar menghargai betapa pentingnya Semua Profesi.
    Banyak anak-anak bercita-cita sebagai dokter, pilot, astronot, dan profesi yang dianggap mereka profesi keren. Dengan mengajak anak berkunjung ke kantor dinas pemadam kebakaran, anak-anak menjadi semakin paham akan keberadaan profesi pemadam kebakaran bagi masyarakat.
  6. Memahami cara menyelamatkan diri musibah.
    Kebakaran bisa terjadi kapan saja.  Tidak ada salahnya bagi anak usia dini memahami cara menyelamatkan diri, di  kantor pemadam kebakaran, anak-anak akan belajar tentang cara menyelamatkan diri dari bahaya api atau kebakaran.
  7. Melatih anak ketenangan (Mengatasi kecemasan)
    Saat bahaya datang, biasanya reaksi perasaan anak adalah ketakutan atau kecemasan. Saat anak-anak belajar tentang cara memadamkan api, satu karakter yang pasti diajarkan kepada anak-anak adalah ketenangan dalam mengatasi bahaya. Bagaimana pun ketakutan dan kecemasan bukanlah reaksi yang baik saat bahaya datang. Dengan belajar cara mengatasi musibah  dengan ketenangan, anak-anak pun telah belajar pentingnya ketenangan saat suatu permasalahan datang.
  8. Meningkatkan kecerdasan sosial anak
    Saat berada di kantor dinas pemadam kebakaran, anak-anak akan mengenal beberapa orang baru, misalnya petugas satpam, petugas pemadam kebakaran, atau lainnya. Mereka akan mengenal beberapa  orang-orang baru di luar lingkungan sekolah. Hal ini membantu mengembangkan kecerdasan sosial anak, karena bisa membuat anak-anak semakin terbiasa dan cerdas dalam bercengkrama dengan orang baru
Foto-foto kegiatan lebih lengkap dapat dilihat di tautan berikut:
Facebook Album RA Al-Ikhwan

Postingan populer dari blog ini

Market Day RA Al Ikhwan 2020

Field Trip Ke Godong Ijo Depok